Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

CEMBURU

CEMBURU. Ppernahkah kalianmerasakan cemburu? haha. katanya cemburu itu tanda sayang, tapi kalau cemburunya sebelah tangan gimana dong.. sakit? iya. nangis? mungkin sebagian orang akan menangis bila merasakannya. :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ngggak ada judulnya *Part 1 - 4*

Nggak ada judul *part 1*

Sengatan matahari jakarta membuat seorang wanita yang baru aja turun dari pesawat Garuda dengan nomer pesawat boing E7898 , merasa cukup terbakar kulitnya .
“wah , ini jakarta apa mesin open roti sih ? kayak e terakhir aku ke sini jakarta nggak sepanas ini deh !” cewek ini mengeluh sendiri sambil mencari jemputan yang akan mengantarnya pulang .
Setelah beberapa langkah dia berjalan , dari kejauhan dia mendengar orang yang memanggil namanya .
“Luuunaaa …”
‘what ? itu kan nama aku .. em , noleh nggak ya .. takutnya kalau bukan aku gimana dong ? berarti aku ke geeran dong .. em gimana ya ..’ batin Luna
“iya kamu . ALUNA REDIZA KURNIAWAN ..”
“em , iyya ..” kata Luna sambil membalikkan badannya menghadap orang yang memanggilnya tersebut secara perlahan – lahan . “eng …” Luna mengingat – ngingat .
“aku Farel . temen kamu waktu kecil . yang sering main dirumah mu .” jelas lelaki tersebut yang ternyata bernama Farel.
“Farel Fabiandra Nugraha , yang gendut, tembem , kalo makan bisa habis lima piring, sukanya ngupil kalo tidur nek nggak ngompol pasti ngiler ? trus biasanya kalo pas mama kamu sama mama aku arisan , kita pasti ngumpul sama kakak aku , kak Dias ? iya kan ?” tanya Diza memastikan . Farel bingung ngejawabnya .
“he ? kamu tanya apa ngerampok ? tanya kayak kereta api remnya blong . tanpa titik koma lagi .. ckckck” Farel heran dengan kelakuan sahabatnya yang nggak berubah – berubah ini .. Luna manyun .
“hm .. ya sudahlah .. makan es krim yuk .. di depan sd kita yang dulu itu lhoo ..” Luna menggandeng sebelah tangan Farel .
“hmm .. ayok ..” Farel berangkat dengan Luna menuju tempat es krim yang biasa mereka kunjungi bersama ..
*di warung es krim*
“em , Rel . mama aku kemana kok nggak jemput aku ?” tanya Luna penasaran .
“uhuk ….”
Nggak ada judul *part 2*
“em , Rel . mama aku kemana kok nggak jemput aku ?” tanya Luna penasaran .
“uhuk ….” Farel langsung kaget dan memuntahkan es krim yang baru diemutnya.
“Rel ? kamu nggak papa kan ?” tanya Luna khawatir.
“ngg .. nggak papa kok .. em , mama kamu lagi ada acara sama mama aku .. biasalah .. ibu – ibu kan suka arisan ..” jawab Farel.
“owh . lha papa ? Kak Dias ikut mama ya ?”
“papa kamu kan lagi dinas ke Semarang . kak Dias tadi katanya mau ada acara sama temennya ..”
“hmh . selalu begitu . tak ada yang peduli sama aku . mama selalu sibuk dengan urusan pribadinya . ada yang arisan lah , ada yang meeting dengan client lah , adaaa aja alasannya . kalo papa selalu ngutamaain kepentingan kantornya . nggak pernah peduli sama aku .” Mata cantik Luna berkaca .
“engg , nggak gitu Lun . em , mama kamuu ada urusan penting .. papa ka ..” belum sempat melanjutkan Luna memotongnya .
“iyya ! mereka emang mentingin bisnis mereka dari pada aku ! aku dianggap orang nggak penting ..”
“Luna . kamu salah . mereka juga mikirin kamu . mereka kerja keras juga buat masa depan kamu .” Farel menenangkan .
“hmh  . aku nggak butuh uang buanyak . yang aku butuh Cuma sat . kasih sayang dari mereka .” jawab Luna yakin .
“em , Lun . pulang yuk . dah sore ..”
Sepanjang perjalanan pulang , Farel dan Luna hanya diam . bingung mencerna perkataan mereka masing – masing tadi waktu di kedai es krim .
#sampai di rumah Luna
“Lunaa ..” mama Farel menyambut Luna dengan senyum bahagianya dan mengecup pipi chubby Luna yang putih itu.
“iya tante .”
“gimana kabarmu nak ? kamu tambah cantik deh . ayo masuk .” mama Farel mengajak Luna masuk ke dalam.
“eng , ya beginilah tante . em . mama mana tante ?”
“oh iya , tadi mama kamu pesen dia minta maaf banget mama kamu nggak bisa jemput kamu .”
“lha terus sekarang mama mana ?” tanya Luna sambil celingukan
“mama kamu tadi ditelpon papa kamu , katanya ada appa gitu , tante lupa . yang jelas sekarang mama kamu nyusul papa kamu ke London .”
“oh gitu ya . hm, ya udah deh . maaf tante , Luna capek . Luna ke kamar dulu ya . mau tidur . sebelumnya makaasih ya tantee ..”Luna langsung jalan ke kamarnya yang berada di lantai dua.
“eng , ya udah . istirahat ya sayaang . tante sama Farel pulang dulu.” Pamit mama Farel.
“Luna mana mah ?” tanya Farel di belakang mamanya .
“udah pulang yuk . biarin Luna istirahat . kasian kan ..” mama farel menarik lengan farel menujuke depa rumah.
“tapi Farel ..”
“udah biarin . kasian dia kan capek .”
Akhirnya Farel dan mamanya itu pergi meninggalkan rumah Luna dan kembali ke kediaman mereka.

Nggak ada Judul *part 3*
Selang waku beberapa menit , kakak Luna datang .
“bibii , Luna udah dateng ?”
“udah den , lagi istirahat di kamarnya .”
Kakak Luna segera naik ke atas .
“Lun ..” tanya kak Dias yang baru membuka pintu kamarnya.
“hm .”Luna masih dalam keadaaan telungkup di kasurnya .
“kamu tidur ?”
“enggak kok kak . masuk aja .” Luna membalikkan badannya yang sekarang menghadap kakaknya .
“eng , ini Lun berkas kamu . besok kamu berangkat bareng kakak .” sambil ngasih berkas .
“naik motor ?”
“ya nggak lah . naik mobil . peralatanmu besok , nanti biar kakak yang mesenin sama bibi . beso kamu tingal pake aja .”
“hmm , iya kak . aku ruang 2 ?”
“iyya , kayaknya kamu satu ruang sama Farel . tapi kamu tenang aja , kakak juga ikut jadi panitia MOS , so jika kamu butuh bantuan kakak , hubungi aja kakak . mengerti ?”
Tiba – tiba hape Luna berbunyi . di layarnya ada tulisan satu pesan masuk dari Farel yang baru tadi siang jemput dia di bandara dan langsung minta no hape Luna . Luna menatap kakaknya , Diaz hanya mengangguk pertanda “silahkan”
From :  Farel 
085740542***
Lun , udah dapet berkas buat MOS besok ?
Aku udah dapet nih . aku ruang dua . kamu ruang berapa ?
“siapa Lun ?” tanya Diaz pelan .
“Farel kak . nanya ruangan .”
“owh , ya sudah . kakak ke bawah dulu ya . mau bilang sama bibi tentang peralatanmu besok .” Kak Diaz pamit .
“iyya kak .” jawab Luna menatap punggung kakak satu – satunya itu .
To :  Farel 
085740542***
Iyya , aku udah dapet . aku ruang dua kok .
Kita sama .. 
From :  farel 
085740542***
Waaahh , kita beruntung yaa ..
Lun , aku takut ma senior .. 
To :  Farel
085740542***
Kenapa mas bro ? 
From :  Farel 
085740542***
Ya begitulah . kakak senior kan kayak monster yang nggak dapet mangsa bertahun – tahun .
Udah ya Lun , aku mau cari bahan duluu ..
Dadaahh ..   

Nggak ada judul *part 4*
Esok paginya , Luna sudah bersiap siap untuk sarapan di bawah .
“Lun , sarapan ..”tawar Diaz yag sudah duduk manis di meja makan .
“iya kak .” Luna mencomot satu roti dan mengolesinya dengan selai kesukaan Luna.
“eng Lun . ini roti buat bekal nanti . terus ini topi buat topinan . terus ini kaos kaki yang beda warna dipake , yang merah sebelah kanan dan yang putih sebelah kiri . terus ini kalug pete ama jengkol nanti dipakai ya ..” jelas Diaz panjang lebar . Luna bingung .
“kak kak , bentar deh . roti ? buat apa ? di sana kan ada cafĂ© . ngapain bawa roti ? beli aja bisa . terus ni apa lagii , topi kayak kubus nggak jadi . mleot semua lagi . ini lagi kaos kaki beda warna ama pete terus jengkol lagii kenapa nggak sekalian dikasih bawang merah bawang puih , cabe ama trasi .. iyuuh , kak aku mau sekolah di situ mau belajar . bukannya mau jadi pengusir hantu .. “ protes Luna
“yee . kamu mau nggak sekolah di sana ?”
“yaaa , mau sih .. ”
“lha makanya . pake dong !”
“iya iyyaaaaa !”
Luna segera berlari ke kamar untuk menggunakan semua peralatannya .
“ye , udah pake kuncir delapan . pitanya pake rapia . disuruh pake jengkol segala .. hish …” gerutu Luna sambil mengenakan kalung kebangsaan .
Setelah selesai semuanya , Luna segera turun ke bawah menemui kakaknya .
“kak Diaz !!! udah yaa , ni aja aku udah mirip genderuwo . nggak usah pake kaos kaki ama topii yaa .. pleasee .. ”
“oh adikku yang paling manis , huweeek .. kamu cantik kok kalo gituu .. bwahahahaha ..” Diaz tertawa dengan terpingkal – pingkal .
“yee , kalo mau menghina langsung aja kalii , nggak usah dengan maksud terselubung !” Luna esmosi.
“iyya iyya .. hehe .. peace dek ..”
“ya kak ya . ngak usah pake ..” belum selesai bicara , Diaz udah jawab .
“ya kalau mau diterkam buaya lapar .. ” Diaz menakut – nakuti adik satu – satunya itu .
“yee . kak akku seriuss !”
“kakak dua rius ! :P”
“iiih , ck ..”
“udah yok , berangkat . udah siang !” Diaz mengambil tas dan bersiap memasuki mobilnya .
“lho ? kaaak , aku belum selesai sarapaaaan ..” Luna berteriaak ..
“udaah , makan di mobil aja .. ceepeet ..” Diaz berada dalam mobilnya ituu .
“yee .. aku juga belum pakee sepatuu kakak kuu ter ganteng ganteeng .. huweeek”
“pake di daleem mobiiil .. cepettt Luunaaa .. kakak udah telaat ..”
“yee , maksaaa ..”
Luna naik ke atas untuk mengambil tas , sepatu dan kaos kaki memalukannnya . dia segera turun dan mengambil bekal dan roti yang dibuatnya tadi .

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Soal Baru KD 9.2

1. Sejak tanaman jarak pagar (Jatropha curcas) dicanangkan jadi sumber bahan bakar alternatif pada tahun 2005, nama Kabupaten Ogan Komering Ulu atau OKU Timur, Sumatera Selatan, banyak terdengar. Namun, dari sejumlah daerah yang giat menanam, daerah penghasil duku Palembang tersebut ternyata boleh dikatakan agresif dalam membangun pabrikbiodiesel untuk mengolah biji jarak.
Pengembangan tanaman jarak untuk bahan bakar alternatif yang digaungkan oleh pemerintah di sejumlah daerah sejak 2005 ternyata diwarnai kesimpangsiuran pada
beberapa daerah, mulai dari pola produksi, pengolahan, hinggga pemasaran. Bahkan sudah menimbulkan keresahan kalangan petani kecil yang terlanjur menanam jarak pagar karena tidak tahu bagaimana memasarkan produknya.
Namun, kebingungan itu tidak berlaku di Kabupaten OKU Timur, yang pada tahun ini membangun pabrik pengolahan biji jarak dan pabrik biodiesel. Pembangunan industri hilir itu terletak di ibu kota kabupaten, Desa Kota Baru Selatan, Kecamatan Martapura. Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah OKU Timur, Saiman Kedsumadharma mengatakan, masyarakat di wilayah tersebut telah mengembangkan tanaman jarak sejak tahun 2005. Sebagian tanaman itu kini sudah dipanen.
Filosofi penanaman jarak adalah untuk mengurangi ketergantungan bahan bakar minyak (BBM) dan subsidi pemerintah terhadap BBM. Selain itu, menciptakan penghasilan tambahan bagi masayarakat.
Sumber: Kompas, September 2007
“Penananaman jarak pagar” merupakan salah satu unsur berita ….
a. Siapa
b. Mengapa
c. Bagaimana
d. Apa

2. Gizi Net – kebiasaan merokok sangat mempengaruhi kesehatan mulut terutama perubahan mukosa (selaput lender). Kebanyakan, kanker di mulut di mulai dengan perubahan mukosa. Perubahan ini tidak menimbulkan sakit sehingga tidak diperhatikan sampai keadaan lanjut. “Oleh karena itu jika terdapat bercak putih, sendiri mungkin diperiksakan ke dokter gigi” kata Drg. Yenny Mulyawati, M. S.
Sumber. www.gklinis.com
Hal apakah yang dikatakan Drg. Yenny Mulyawati, M.S?
a. Jika terdapat bercak putih, sedini mungkin diperiksakan ke dokter gigi.
b. Jika terdapat bercak putih, sedini mungkin diperiksakan kedokter gigi.
c. Jika terdapat bercak keputihan, sedini mungkin diperiksakan ke dokter gusi.
d. Jika terdapat bercak putih, segera dibawa ke rumah sakit.

3. Cermati pernyataan berikut!
(1) pencatatan hal-hal penting
(2) pewawancaraan
(3) penemuan peristiwa
(4) pencarian sumber berita
(5) penyusunan berita
Jika diurutkan, langkah yang tepat untuk menyusun berita adalah ....
a. (2), (3), (4), (1), dan (5)
b. (3), (4), (2), (1), dan (5)
c. (4), (3), (2), (1), dan (5)
d. (4), (3), (1), (2), dan (5)

4. Dramawan Putu Wijaya (63) terpilih sebagai penerima Anugerah Federasi Teater Indonesia (FTI) 2007. Penghargaan bagi lelaki kelahiran Puri Anom, Tabanan, Bali, 11 April 1944, ini akan diserahkan bersamaan dengan peringatan hari jadi ke-3 FTI di Teater Studio, Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, Rabu (9/1) malam. Pada acara puncak penganugerahan tersebut dijadwalkan tampil teaterwan terkemuka Indonesia, seperti Danarto, Slamet Rahardjo Djarot, N Riantiarno, dan Deddy Mizwar, serta pemusik Ebiet G. Ade. “Putu Wijaya dipilih tim juri, antara lain, karena berbagai rintisannya dalam perkembangan teater modern Indonesia,” kata Ketua FTI Radhar Panca Dahana yang juga satu di antara lima juri. Empat juri lainnya adalah Danarto, N Riantarno, Yohannes, dan Kenedi Nurhan.
Sumber: Kompas 9 Januari 2008
Unsur berita “apa” dari bacaan di atas adalah ..
a. Putu Wijaya menerima Anugerah Federasi Teater Indonesia
b. Rabu, 09 Januari 2007 (malam penerimaan LFTI)
c. Putu Wijaya Dipilih tim Juri karena berbagai rintisannya dalam perkembangan teater modern Indonesia
d. Taman Ismail Marzuki, Jakarta

5. Pukul 2.30 malam telah terjadi kebakaran yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dalam hitungan jam, Pasar Baru telah dilahap oleh si jago merah. Tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian material diketahui 1,3 trilyun rupiah.
Dari uraian di atas, unsur “mengapa” dalam berita di atas adalah …
a. Dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
b. Karena hubungan arus pendek.
c. Pasar itu sangat tidak teratur, jalan sempit sehingga ketika terjadi kebakaran, pemadam kebakaran tidak dapat langsung menuju tempat kebakaran.
d. Terjadi kira-kira pukul 2.30 malam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Contoh Soal KD 9

1. Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam menyimak berita dari radio atau televisi, kecuali ….
a. Berkonsentrasi
b. Memahami pesan pokok tiap kalimat
c. Mencatat nama presenter
d. Menyimpulkan dan menyarikan isi keseluruhan berita

2. Berikut ini tayangan berita yang ditayangan melalui televisi yaitu ..
a. Liputan 6
b. Go Spot
c. On the Spot
d. Opera Van Java

3. Di bawah ini merupakan unsur – unsur berita, kecuali …
a. Apa
b. Mengapa
c. Jika
d. Di mana
4.Dalam mengemukakan kembali berita yang didengar yang penting diperhatikan adalah ....
a. fokus berita tidak berubah
b. kecermatan menemukan informasi penting
c. intonasi pembaca berita
d. ekspresi pembaca berita

5. Pukul 2.30 malam telah terjadi kebakaran yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dalam hitungan jam, Pasar Baru telah dilahap oleh si jago merah. Tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian material diketahui 1,3 trilyun rupiah.
Dari uraian di atas, unsur “mengapa” dalam berita di atas adalah …
a. Dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
b. Karena hubungan arus pendek.
c. Pasar itu sangat tidak teratur, jalan sempit sehingga ketika terjadi kebakaran, pemadam kebakaran tidak dapat langsung menuju tempat kebakaran.
d. Terjadi kira-kira pukul 2.30 malam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kompetensi Dasar :
9.2 Mengemukakan Kembali Berita Yang Didengar atau Ditonton Melalui Radio atau Televesi

Pada saat menyimak sebuah berita, tentu kalian ingin dapat memahami isi berita yang kalian simak. Dalam hal ini, kalian berharap dapat menyerap informasi yang disampaikan sehingga kalian memahami maksud dari berita tersebut. Namun demikian, tidaklah mudah untuk dapat mendapatkan dan memahami informasi dari sebuah berita yang sifatnya sekali tayang. Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam menyimak berita dari radio atau televisi :
1) berkonsentrasi;
2) memahami pesan pokok tiap kalimat;
3) apabila perlu membuat catatan kecil;
4) menyimpulkan dan menyarikan isi keseluruhan berita.
Tentu kalian ingin memiliki kemampuan menyimak yang baik. Untuk dapat memiliki kemampuan menyimak yang baik, tentu kalian harus rajin berlatih. Coba persiapkan diri kalian untuk mendengarkan berita dari televisi yang akan dibacakan oleh salah satu teman kalian. Usahakan kalian dapat memahami informasi yang ada dengan baik dan jelas. Berikut pembacaan berita dari televisi.

Kasus Demam Berdarah Dirawat di Rumah Sakit Umum Sangklah, Kuta, Denpasar.
Kasus demam berdarah yang berjangkit di Kota Padang ditemui di tiga kecamatan dariPemirsa, wabah demam berdarah mulai berjangkit di Kota Padang, Sumatra Barat. Tercatat 24 orang warga Kota Padang terkena demam berdarah. Sementara itu di Denpasar, Bali, wabah demam berdarah telah menelan korban 1 orang, dan kini 56 orang pasien d 11 kecamatan yang ada. Berdasarkan pantauan petugas, 24 pasien yang masuk rumah sakit rata-rata berasal dari Kecamatan Kuranji, Kecamatan Kuto Tangah, dan Kecamatan Bungas Buluspulutabu. Namun, di RSU Pusat Mohamad Jamil Padang ditemui juga beberapa pasien yang berasal dari luar Provinsi Sumatra Barat, yakni dari Pekanbaru, Riau. Dari pantauan, jumlah korban yang masih dirawat di RSUP
Mohamad Jamil Padang tinggal 8 orang dari 13 orang yang masuk sejak awal Januari. Sementara di Rumah Sakit Yos Sudarso, jumlah pasien yang dirawat tinggal 3 orang dari 8 pasien yang masuk.
Penyakit demam berdarah juga telah menyerang warga Kota Denpasar dan sekitarnya sejak awal bulan Januari. Satu pasien demam berdarah telah meninggal dunia berumur 32 tahun. Dia berasal dari Jember. Ada 56 pasien telah menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Sangklah, Denpasar. Kini jumlah pasien yang masih
dirawat di sejumlah bangsal RSU Sangklah tinggal 25 pasien. Umumnya, penderita masih didominasi golongan usia dewasa. Di ruang rawat intensif khusus masih dipenuhi pasien demam berdarah.
(Sumber: Berita SCTV, Januari 2005, dengan pengubahan)


Seorang yang menyimak berita dikatakan dapat memahami isi berita yang disampaikan apabila ia dapat mengungkapkan pokok- pokok isi berita serta dapat mengemukakan inti sari berita tersebut kembali. Pokok-pokok isi atau inti sari berita dapat kalian simpulkan dengan menguraikan unsur-unsur kelengkapan berita.
Berkaitan dengan isi berita di atas, beberapa contoh atau alternatif jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan unsur kelengkapan isi berita dari penyampaian berita di atas, di antaranya adalah berikut.
1. Apa isi pokok berita tersebut?
–Wabah demam berdarah yang terjadi di Kota Padang dan Denpasar.
2. Siapa yang terkait atau terlibat dalam peristiwa yang menjadi isi berita tersebut?
–Warga yang menjadi korban demam berdarah, di Padang tercatat 24 orang, di Denpasar Bali, 1 orang meninggal, dan 56 orang pasien masih dirawat di Rumah Sakit Umum Sangklah, Kuta, Denpasar.
3. Di mana peristiwa dalam berita tersebut terjadi?
–Di Kota Padang, Sumatra Barat, meliputi Kecamatan Kuranji, Kuto Tangah, dan Bungas Buluspulutabu serta di Denpasar, Bali, dan sekitarnya.
4. Mengapa hal atau peristiwa tersebut dapat terjadi?
–Kemungkinan munculnya wabah disebabkan adanya musim penghujan yang menimbulkan banyak genangan air sebagai tempat berkembang nyamuk demam berdarah.
5. Bagaimana kejadian peristiwa tersebut?
– Wabah menyerang kepada anak-anak maupun orang dewasa
Berdasarkan berita yang telah kalian dengar, kalian dapat menyampaikan inti-inti pokok berita yang ada. Kalian tidak perlu membaca teks berita di atas ataupun mendengarkan ulang. Berikut contoh penyampaian inti-inti pokok berita berdasarkan berita di atas.
Terjadi wabah demam berdarah di Kota Padang yang telah menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan pantauan, sebagian besar pasien berasal dari Kecamatan Kuranji, Kuto Tangah, dan Bungas Buluspulutabu. Pasien-pasien tersebut dirawat di RSUP Mohamad Jamil. Wabah demam berdarah juga menyerang Kota Denpasar dan sekitarnya. Wabah ini telah menimbulkan korban jiwa satu orang. Rata-rata pasien adalah orang dewasa. Kejadian tersebut telah menimbulkan banyak korban, baik korban meninggal maupun yang dirawat di rumah sakit daerah wabah.
Wirajaya, Asep Yuda dan Sudarnawati. 2008. Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal. 161 – 162.
Tiap stasiun televisi memiliki lebih dari satu tayangan berita. TVRI misalnya, menyiarkan Berita Pagi, Berita Siang, Berita Nasional, dan Dunia Dalam Berita. Tayangan berita Selamat Pagi Indonesia, Lintas Lima, dan Lintas Malam. Belum lagi yang ditayangkan oleh TV swasta.Begitu banyak informasi atau kejadian penting yang bisa kamu dapatkan dari berita TV setiap hari.
Berbagai peristiwa dapat kamu saksikan melalui tayangan berita televisi. Di balik tiap peristiwa terdapat keterangan penting mengenai sesuatu hal. Keterangan itu berasal dari berbagai sumber yang seharusnya dapat dipercaya. Dari situlah, selaku pemerhati berita, kamu dimungkinkan dapat menarik kesimpulan secara benar.
PELATIHAN 5
1. Tutuplah bukumu, salah satu temanmu akan berperan sebagai penyiar berita televise berikut!
2. Setelah pembacaan berita selesai, ungkapkanlah kembali berita yang kamu dengar dalambeberapa kalimat!

Setyorini, Yulianti dan Wahono. 2008. Bahasa Indonesia untuk Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal. 92.
Setelah kalian dapat menentukan unsur-unsur berita, pada pelaporan kali ini, kalian diharapkan dapat mengemukakan kembali isi berita tersebut.
Maryati, Sutopo. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia 2, untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal. 51 – 52.
Kemampuan mengemukakan kembali berita yang didengar merupakan kemampuan penting. Banyak orang ketika selesai mendengarkan berita tidak merasa mendapatkan informasi apa pun. Orang yang lain, ketika menyampaikan kembali isi berita, malah menyampaikan informasi yang kurang penting. Informasi yang penting justru tercecer, tidak disampaikan. Semua itu menunjukkan keterampilan mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton.
Dalam kenyataannya, orang tidak merasa cukup hanya dapat memahami isi berita tanpa ingin menyampaikan apa yang didengarnya kepada orang lain. Begitu halnya dengan kamu. Terhadap butir – butir informasi yang penting, tentunya kamu ingin menyampaikannya kembali kepada orang lain. Ingatlah bahwa dalam hal ini jangan sampai ada butir penting yang terlewat agar fokus berita tidak berubah!
Aktivitas pembelajaran yang harus kamu lakukan untuk menguasai kompetensi mengemukakan kembali berita dari radio/televisi secara lisan dalam situasi formal maupun nonformal :
(1) Merancang pengemukaan kembali isi berita.
Bersama anggota kelompokmu, cermatilah butir-butir informasi yang telah kamu
dapat! Kemudian, susun bagian yang harus dilaporkan di awal, di tengah, atau di
akhir dalam sebuah kerangka. Dari kerangka yang kamu hasilkan, diskusikan dengan
kelompok untuk mengetahui ada atau tidaknya fokus berita yang bergeser. Setelah
yakin bahwa fokus berita sama dengan yang kamu dengarkan, bersiaplah untuk
mengemukakan kembali secara formal atau tidak formal berita tersebut kepada orang
lain!
(2) Mengemukakan kembali isi berita secara lisan.
Setiap wakil kelompok secara bergantian membacakan hasil diskusi tentang isi
berita yang didengarnya dan menirukan cara penyiar membawakan berita. Jika yang
kalian bacakan adalah hasil dari mendengarkan berita televisi, ikuti pula mimik dan
ekspresi penyiar ketika membacakan berita tersebut. Ketika seorang wakil kelompok
membacakan berita, anggota kelompok lain mendengarkan, memperhatikan, dan
membandingkannya dengan hasil kerja mereka.
Di samping disampaikan secara formal, yakni dengan meniru pembaca berita, isi berita dapat pula disampaikan secara tidak formal. Dalam hal ini kamu dapat menyampaikan isi berita itu pada dialog sambil bermain.

Laksono, Kisyani. Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Petama. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Hampir setiap hari, kamu dapat menyimak berita yang disiarkan radio atau televisi. Siaran berita itu dapat berupa berita daerah, nasional, regional, dan internasional. Karena banyaknya stasiun televisi dan radio di negeri kita, tidak jarang justru kita bingung memilih saluran mana yang akan kita kehendaki. Inilah salah satu dampak positif kemajuan ilmu dan teknologi yang dapat dirasakan di negara kita. Kita dapat menyaksikan peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia dalam hitungan menit dan bahkan detik melalui siaran radio maupun televisi yang menyiarkan suatu kejadian baik secara langsung maupun berupa siaran tunda.

Ada kalanya berita-berita yang disiarkan baik di radio maupun di televisi itu merupakan berita yang sangat penting untuk kamu simak. Misalnya, berita tentang gempa yang terjadi di suatu daerah dan secara kebetulan ada sanak saudaramu yang tinggal di daerah itu. Secara otomatis, kamu akan menyimak berita itu dengan saksama dan berusaha untuk mengungkapkan kembali beritayang didengar itu kepada orang lain yang tidak sempat menyimak siaran berita tersebut.

Pada pelajaran 7, kamu telah berlatih menemukan pokok-pokok berita yang kamu dengar atau tonton. Pokok-pokok berita itu dapat kamu tuliskan dengan baik dengan mendasarkan pada pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana. Pada pelajaran ini, kamu akan berlatih meningkatkan kemampuan mengemukakan kembali berita yang kamu dengar kepada pihak lain.

Suwandi, Sarwidji dan Sutarmo. 2008 . Bahasa Indonesia Bahasa Kebanggaanku. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal. 181.

Pada pelajaran sebelumnya, kamu sudah mempelajari bagaimana menemukan pokok - pokok berita yang didengar dari radio atau televisi. Pada pelajaran kali ini, kamu akan berlatih mengemukakan kembali berita yang telah kamu dengar. Agar mampu mengemukakan isi berita yang telah kamu dengar dengan baik, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut.
• Temukan dan pahami pokok-pokok berita!
• Pahami peristiwa apa yang terjadi!
• Pahami mengapa dan bagaimana kejadiannya!
• Tentukan siapa saja pelaku kejadian tersebut!
• Tentukan kapan dan di mana kejadian tersebut!
Untuk dapat mengungkapkan kembali isi berita, kamu harus benarbenar memahami intisari berita. Isi berita tidak perlu dihafal, tetapi dimengerti intinya saja.
Harningsih, Dwi dan Bambang Wisnu dan Septi Lestari. 2008. Membuka Ilmu Pengetahuan Sastra dan Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Siaran radio dan televisi memudahkan kamu mengetahui informasi dari daerah pelosok yang susah terjangkau oleh transportasi. Ada beberapa acara televisi, misalnya Horison di Indosiar, yang meliput keunikan-keunikan kehidupan masyarakat pedalaman. Bagaimana usaha mereka untuk menjalani hidup sehari-hari? Apa kebiasaan mereka?
Kamu juga bisa membayangkan bagaimana keseharian anak-anak seusiamu yang hidup di daerah terpencil. Mereka memiliki semangat untuk belajar. Anak-anak itu harus menempuh perjalanan berkilometer hanya dengan jalan kaki, naik perahu, naik-turun bukit, untuk bias mencapai sekolahan. Itu semua mereka lakukan demi menggapai cita-cita. Bagaimana dengan kamu yang tinggal di daerah yang sarana transportasinya mudah dan segala fasilitas tersedia? Apakah kamu giat belajar dan bersemangat untuk meraih cita-cita juga?
Pada materi ini kamu akan memanfaatkan siaran radio dan televisi untuk mengasah kemampuan menceritakan kembali berita-berita yang memotivasi kamu untuk maju. Pada pertemuan ini kamu kembali ditantang untuk menyimak berita di radio/televise dengan baik. Beranikah kamu menerima tantangan untuk lebih mahir dalam menyimak berita?
Sudah siapkah kamu mendengarkan berita di radio maupun melihat berita televisi dan mengemukakan kembali di depan anggota kelas? Agar dapat menyimak dengan baik, pertimbangkan hal-hal berikut.
• Konsentrasi. Untuk dapat berkonsentrasi, kamu harus menyadari terlebih dahulu pentingnya berita yang kamu simak bagi dirimu. Ingat, konsentrasi merupakan syarat utama dalam menyimak berita. Ini karena, waktu yang kamu gunakan lebih cepat daripada waktu yang digunakan oleh pembaca berita.
• Menelaah materi. Agar dalam menyimak lebih efisien, kamu harus tahu tema berita yang dibacakan.
• Catatlah ide-ide serta materi-materi yang menonjol
Kramadibrata, Dewaki dan Dewi Indrawati dan Didik Durianto. 2008. Terampil Berbahasa Indonesia: Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Laporan Bahasa Indonesia

Laporan Kondisi Perpustakaan
“ WIDYA PUSTAKA”
SMPN 3 Pati

Kamis pagi, 15 Juli 2010, siswa kelas VIII A melakukan pengamatan Di Perpustakaan Widya Pustaka dengan bimbingan Bapak Nyamat, S.Pd. Hari itu kami mengamati semua yang ada di perpustakaan, termasuk petugas dan barang-barang di Perpustakaan. Tujuan kami melakukan itu adalah kami ingin mengetahui bagaimana kondisi Perpustakaan.
Di Perpustakaan terdapat beberapa bapak Guru yang sedang mengobrol dan bebrapa petugas Perpuatakaan Widya Pustaka yang tidak begitu banyak, yaitu Bapak Eko Suharyono, Ibu Yuniati dan Ibu Siskanira. Mereka bertugas untuk mencatat buku – buku, memandu siswa untuk menulis kartu kunjungan dan sebagainya.
Berbagai buku terdapat disana. Seperti buku pelajaran kelas VII sampai dengan kelas IX, majalah, Artikel hingga buku cerita baik fiksi maupun non fiksi.
Semua anggota berasal dari warga SMP Negeri 3 Pati. Semuanya berjumlah 703 orang. Yaitu siswa 623 orang, Guru 60 orang dan Karyawan 20 orang. Semuanya menjadi anggota di Perpustakaa Widya Pustaka.
Di bidang kebersihan, Perpustakaan Widya Pustaka kurang baik. Karena masih banyak debu – debu yang saling berterbangan dan kurangnya tempat sampah, sehingga banyak pengunjung yang membuang sampahnya di sembarang tempat. Kurangnya kebersihan ini membuat pengunjung kurang betah berada di sana. Ditambah lagi cara menyusun buku di Perpustakaan sampai saat ini masih semrawutan. Karena meja yang digunaka untuk membaca, malah digunakan untuk menaruh tumpuk – tumpukan buku yang belum tau mau ditaruh di mana.
Penataan hiasan dinding yang berurutan dan enak dipandang. Disertai penambahan kata – kata mutiara yang memberikan sedikit semangat membaca dan beberapa Pahlawan Indonesia, seeperti Cut Nya’ Dien, dll.
Meja dan kursi yang digunakan untuk pengunjung banyak yang berdebu. Jumlah meja dan kursi di Perpustakaan adalah 21 meja dan 34 kursi pengunjung. Namun, hanya sekitar 6 meja yang digunakan. Sebab, yang lainnya masih digunakan untuk menaruh buku.
Pengunjung dan peminjam di perpustakan pada semester yang lalu mempunyai perbandingan 5 : 2. Dikarenakan anggota perpustakaan lebih suka mengunjungi dari pada meminjam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Yoshimura, An. 2003. My Dream. Jakarta : PT Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.

MY DREAM
Hari ini mungkin hari paling sial bagi Kanon Shinohara. Karena hanya dialah yang ditempatkan di kelas ini sedangkan gerombolannya ditempatkan di kelas yang lain. Tidak hanya itu, sesampainya di rumah Kanon mendapatkan kabar yang tidak begitu menggembirakan. Dia besok pagi harus pergi ke rumah neneknya di desa Bluberry, karena mamanya besok juga harus pergi ke New York untuk menjalankan bisnisnya.
Di desa Blueberry, Kanon akan ditemani oleh nenek, paman, bibi, dan adik sepupunya. Hari pertama Kanon Shinohara di desa Blueberry sungguh tidak menyenangkan. Dia begitu rindu pada Tokyo, temen – temannya dan juga ibunya. Tapi, semua kegnduhn itu hilang saat dia bertemu seorang lelaki yang tampan dan gagah, Arisu namanya. Mereka berkenalan sejak Arisu menjempun Kanon di stasiun tadi pagi dan mereka semakin akrab saat mereka mengobrol.
Malam harinya, Kanon berada di kamarnya. Dia mendengar ada suara orang mengendap – endap menuju Hutan Kurayami. Kanon melihat ke jendala. Ternyata dugaannya benar. Ada bayangan orang masuk ke dalam Hutan Kurayami. Karena dia penasaran, dia segera mengajak Yuu (adik sepupunya) untuk pergi ke hutan terlarang itu. Sebenarnya, Yuu menolak permintaan Kanon tersebut. Namun, akhirnya Yuu mau menghantarkan Kanon ke Hutan Kurayami.Di sana mereka bertemu dengan Arisu, Makoto dan kawan – kawan. Mereka ternyata sedang melakukan rapat untuk mencegah pembongkaran Hutan Kurayami.
Beberapa hari setelah itu, Kanon semakin penasaran dengan Kanata (kakak Arisu). Sebab dia merasa Kanata menyimpan sejuta rahasia yang patut diungkap. Tanpa Kanon sadari, setelah dia diajak pergi ke Bukit Angin dan Kanata putus dengan Makoto, ternyata Kepala desalah yang telah menjual kekayaan desa ke pada para kondektur.
Suatu malam Kanon mendapat kabar Makoto hilang. Semua teman satu kelas bingung mencarinya. Hingga suatu saat Kanon mendapatkan satu tampat yang mungkin digunakana Makoto untuk bersembunyi. Dan dugaan Kanon itu benar, Hutan Kurayami adalah tempatnya. Dia menemukan Makoto berada di bawah pohon besar yang biasanya digunakan untuk rapat Hutan Kurayami. Mereka pulang dengan mengendap – endap. Sebab jika ada orang yang ketauan berada di sana, maka tidak segan – segan dia akan dipenggal kepalanya.
Di tengah perjalanan, mereka mendengar suara seperti suara kepala desa. Ternyata Kepala desa dan kondektur sedang melakukan rapat tentang Hutan Kurayami. Makoto tidak sengaja menginjak sebatang kayu. Dan Kepala Desa menyadari itu. Mereka langsung berpencar, sedangkan Kanon dan Makoto segera sembunyi. Namun, manusia hanya bisa berencana dan Tuhan lah yang menentukan. Mereka tertangkap oleh para bodyguard Kondektur itu. Mereka dibawa ke sebuah pondokan di tengah hutan yang mungkin tidak ada seorangpun yang tau pondokan tersebut.
Setelah menunggu beberapa saat mereka ditinggal sendirian di ruang gelap tanpa cahaya. Namun, tiada cobaan tanpa jalan keluar. Terdengar suara jendela seperti dilempari batu. Makoto segera bangkit. Namun sayang, tangannya yang masih terikat dengan kaki membuatnya tidak dapat berdiri dan akhirnya terjatuh. Karena Kanon tahu, Makoto mempunyai gigi yang kuat, ia akhirnya minta agar tali di tangannya dibukakan dengan cara digigit oleh Makoto. Dan akhirnya tali itu lepas. Kanon segera melepas tali tangan Makoto, dan mereka berdua segera bangkit dan membuka jendela yang tertutup rapat. Wow,Kanata dan Makoto ternyata telah bergelantungan di sebuah pohon yang berjarak 1 meter dari tempat Kanon dan Makoto berdiri.
Kanon menjadi orang pertama yang melompat. Namun, akhirnya Kanon berhasil menyeberangi jarak antara pohon dan jendela. Namun, pada saat Makoto akan menyeberangi pohon itu terdengar suara tembakan telah meluncur. Kanata telah tersungkur lemas di tanah. Setelah mereka akan menembak Makoto, giliran polisi dan ambulance datang. Keluarlah dari mobil polisi itu seorang kepala desa yang tadi telah menyuru para kondektur untuk membunuh Kanon dan Makoto. Para polisi segera menangkap para bodyguard kondetur itu. Kanon, Makoto dan Arisu segera turun dan menolong kakak Arisu itu.
Setelah beberapa minggu Kanata di rumah sakit, Kanon dan kawan – kawan mengunjunginya tanpa Makoto. Di sana mereka menghibur Kanata yang sedang terbaring lemah. Di tengah canda mereka tiba – tiba terdengar suara orang mengetuk pintu. Setelah diizinkan masuk, tanpa disangka, Makoto datang. Dia mengakui bahwa semua ini ulahnya. Dia yang telah menyebar fitnah tentang perselingkuhan Kanata dengan guru kesenian, sehingga Kanata dikeluarkan dari sekolahan. Ini semua dilakukannya karena dia cemburu karena Kanata dekat dengan guru tersebut.
Setelah kenaikan kelas, mama menelponku dan memberitahukan bisnis mama di sana lancar, hingga dia harus tinggal tetap di sana. Namun setelah satu semester di Desa Blueberry dan telah mempunyai banyak teman akrab, tidak ingin rasanya meningggalkan desa tercinta ini. Mama hanya menawarkan dua pilihan, ikut mama ke New York apa tetap tinggal di sini bersama teman yang sangat dicintainya, Arisu? Belum sampai Kanon selesai berfikir, mama menelpon dan mengabarkan dia telah berada di depan rumah. Kanon kaget dan langsung turun.
Namun, dia masih bingung. Dia harus bagaimana? Iut mama ke New York melanjutkan sekolah tadi sana, atau tetap tinggal di sini mengharap cinta Arisu akan datang. Mama menyarankan lebih baik ikut ke New York agar dia bisa melanjutkan dan mempelajari cita – citanya sebagai penulis novel.namun, nenek tetap bersikuku agar Kanon tinggal di sini bersamanya.
Semua keputusan berada di tangan Kanon, hingga dia memilih untuk tetap berada di sini bersama nenek dan teman – temnannya untuk menjaga Hutan Kurayami. Akhirnya mama menerima keputusan Kanon. Karena mama Kanon lebih suka Kanon bahagia dibandingkan Kanon harus belajar tanpa rasa gembira. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS