Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Laporan Bahasa Indonesia

Laporan Kondisi Perpustakaan
“ WIDYA PUSTAKA”
SMPN 3 Pati

Kamis pagi, 15 Juli 2010, siswa kelas VIII A melakukan pengamatan Di Perpustakaan Widya Pustaka dengan bimbingan Bapak Nyamat, S.Pd. Hari itu kami mengamati semua yang ada di perpustakaan, termasuk petugas dan barang-barang di Perpustakaan. Tujuan kami melakukan itu adalah kami ingin mengetahui bagaimana kondisi Perpustakaan.
Di Perpustakaan terdapat beberapa bapak Guru yang sedang mengobrol dan bebrapa petugas Perpuatakaan Widya Pustaka yang tidak begitu banyak, yaitu Bapak Eko Suharyono, Ibu Yuniati dan Ibu Siskanira. Mereka bertugas untuk mencatat buku – buku, memandu siswa untuk menulis kartu kunjungan dan sebagainya.
Berbagai buku terdapat disana. Seperti buku pelajaran kelas VII sampai dengan kelas IX, majalah, Artikel hingga buku cerita baik fiksi maupun non fiksi.
Semua anggota berasal dari warga SMP Negeri 3 Pati. Semuanya berjumlah 703 orang. Yaitu siswa 623 orang, Guru 60 orang dan Karyawan 20 orang. Semuanya menjadi anggota di Perpustakaa Widya Pustaka.
Di bidang kebersihan, Perpustakaan Widya Pustaka kurang baik. Karena masih banyak debu – debu yang saling berterbangan dan kurangnya tempat sampah, sehingga banyak pengunjung yang membuang sampahnya di sembarang tempat. Kurangnya kebersihan ini membuat pengunjung kurang betah berada di sana. Ditambah lagi cara menyusun buku di Perpustakaan sampai saat ini masih semrawutan. Karena meja yang digunaka untuk membaca, malah digunakan untuk menaruh tumpuk – tumpukan buku yang belum tau mau ditaruh di mana.
Penataan hiasan dinding yang berurutan dan enak dipandang. Disertai penambahan kata – kata mutiara yang memberikan sedikit semangat membaca dan beberapa Pahlawan Indonesia, seeperti Cut Nya’ Dien, dll.
Meja dan kursi yang digunakan untuk pengunjung banyak yang berdebu. Jumlah meja dan kursi di Perpustakaan adalah 21 meja dan 34 kursi pengunjung. Namun, hanya sekitar 6 meja yang digunakan. Sebab, yang lainnya masih digunakan untuk menaruh buku.
Pengunjung dan peminjam di perpustakan pada semester yang lalu mempunyai perbandingan 5 : 2. Dikarenakan anggota perpustakaan lebih suka mengunjungi dari pada meminjam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar